Jumat, 27 Februari 2015

Silabus

Diposting oleh Unknown di 14.14


PENGGALAN SILABUS PEMBELAJARAN 1

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Bahasa Indonesia
1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul dari pada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4  Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.

Penggunaan keterampilan berbahasa Indonesia dalam memperoleh pengetahuan dan Informasi mengenai Modernisasi
a.      Orientasi Siswa Pada Masalah (Eksplorasi)
1)      Siswa mengamati gambar kegiatan yang serupa, namun penggunaan alat bantunya berbeda, yaitu gambar orang membajak sawah. (Mengamati)
2)      Siswa diberikan penjelasan oleh guru, bahwa gambar tersebut merupakan contoh modernisasi yang membuat barang atau kegiatan tradisonal yang telah membudaya dalam masyarakat perlahan-lahan terpinggirkan. (Mengamati)
3)      Siswa mengajukan pertanyaan mengenai gambar tersebut “Mengapa alat bantunya berbeda?” (Menanya)
4)      Kemudian guru mengajukan pertanyaan “Bagaimana sebaiknya sikap masyarakat atau sikap siswa terhadap modernisasi?” yang akan diselesaikan melalui tantangan yang diberikan selanjutnya. (Menanya)

b.      Mengorganisasi Siswa untuk Belajar (Elaborasi)
1)      Siswa diberikan tantangan untuk menjadi “Tim Reporter” dengan tantangan mewawancarai beberapa warga mengenai modernisasi. (Eksperimen/Mengumpulkan Informasi)
2)      Setiap “Tim Reporter” melakukan diskusi, saling bertukar pikiran mengenai pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan ketika wawancara berlangsung. (Eksperimen/Mengumpulkan Informasi)
3)      Siswa keluar ke lingkungan sekolah untuk melakukan wawancara dengan warga sekitar. Kegiatan ini diberi batasan waktu dan dibawah pengawasan guru kelas. (Eksperimen/Mengumpulkan Informasi)

c.       Membimbing Penyelidikan Individual Maupun Kelompok
1)      Siswa berpikir dan menganalisis hasil wawancara bersama kelompok masing-masing. Menarik kesimpulan dengan cara masing-masing sesuai dengan permasalahan yang diajukan. Guru berperan sebagai fasilitator. (Mengasosiasikan/Mengolah Informasi)

d.      Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
1)      Setiap kelompok mempresentasikan hasil analisisnya berdasarkan data yang diperoleh dari wawancara, solusi dari masalah dan memberikan jawaban permasalahan tersebut yang dituangkan dalam laporan. (Mengkomunikasikan)
2)      Siswa yang menjadi audience menanggapi hasil kerja dari kelompok yang sedang presentasi. (Mengkomunikasikan)

e.       Menganalisis dan Mengevaluasi proses Pemecahan Masalah
1)      Dengan bimbingan guru, siswa merefleksikan aktivitas pembelajaran yang dilakukan. Kemudian melalui tanya jawab, guru membahas penyelesaian masalah yang seharusnya. (Mengkomunikasikan)
1.      Memahami penggunaan bahasa Indonesia dalam memperoleh pengetahuan dan informasi melalui membaca.
2.      Menggunakan keterampilan berbahasa dalam memperoleh pengetahuan dan informasi.

§ Tes tertulis / Lisan

§ Unjuk kerja :
§ Melakukan diskusi dan praktik

§ Laporan tertulis Kelompok
6JP
1.      Buku Tematik Kelas 2 Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

2.      Driyarkara. 1980. Driyarkara Tentang Kebudayaan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius

3.      Harsojo. 1977. Pengantar Antropologi III. Bandung: Binacipta

4.      Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologo. Jakarta: Rineka Cipta.

5.      Poerwanto, Hari. 2005. Kebudayaan Dan Lingkungan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

6.      Internet
PPKn
2.4  Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia.
3.2  Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari dirumah, sekolah dan masyarakat sekitar.

Kewajiban warga negara terhadap kebudayaan.
1.      Mengetahui budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
2.      Melakukan wawancara kepada orang-orang disekitarnya tentang kewajiban sebagai warga dalam menghadapi perubahan kebudayaan.

IPS
1.1  Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budayadan politik.

Perubahan Kebudayaan dalam masyarakat
1.      Menjelaskan mengenai perubahan kebudayaan.
2.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kebudayaan.
3.       Menganalisis kegiatan atau kebiasaan manusia yang termasuk  dalam modernisasi.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Senyum Terbaikqu Karena Pesan Sukses Darimu Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare