PENGGALAN SILABUS PEMBELAJARAN 1
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul dari pada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan.
2.4 Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara
Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
|
Penggunaan keterampilan berbahasa Indonesia dalam memperoleh pengetahuan
dan Informasi mengenai Modernisasi
|
a. Orientasi
Siswa Pada Masalah (Eksplorasi)
1)
Siswa
mengamati gambar kegiatan yang serupa, namun penggunaan alat bantunya
berbeda, yaitu gambar orang membajak sawah. (Mengamati)
2)
Siswa
diberikan penjelasan oleh guru, bahwa gambar tersebut merupakan contoh
modernisasi yang membuat barang atau kegiatan tradisonal yang telah membudaya
dalam masyarakat perlahan-lahan terpinggirkan. (Mengamati)
3)
Siswa
mengajukan pertanyaan mengenai gambar tersebut “Mengapa alat bantunya berbeda?”
(Menanya)
4)
Kemudian
guru mengajukan pertanyaan “Bagaimana sebaiknya sikap masyarakat atau sikap
siswa terhadap modernisasi?” yang akan diselesaikan melalui tantangan yang
diberikan selanjutnya. (Menanya)
b. Mengorganisasi
Siswa untuk Belajar (Elaborasi)
1)
Siswa
diberikan tantangan untuk menjadi “Tim Reporter” dengan tantangan
mewawancarai beberapa warga mengenai modernisasi. (Eksperimen/Mengumpulkan Informasi)
2)
Setiap
“Tim Reporter” melakukan diskusi, saling bertukar pikiran mengenai pertanyaan-pertanyaan
yang akan diajukan ketika wawancara berlangsung. (Eksperimen/Mengumpulkan Informasi)
3)
Siswa
keluar ke lingkungan sekolah untuk melakukan wawancara dengan warga sekitar.
Kegiatan ini diberi batasan waktu dan dibawah pengawasan guru kelas. (Eksperimen/Mengumpulkan Informasi)
c. Membimbing
Penyelidikan Individual Maupun Kelompok
1)
Siswa
berpikir dan menganalisis hasil wawancara bersama kelompok masing-masing.
Menarik kesimpulan dengan cara masing-masing sesuai dengan permasalahan yang
diajukan. Guru berperan sebagai fasilitator. (Mengasosiasikan/Mengolah Informasi)
d. Mengembangkan
dan Menyajikan Hasil Karya
1)
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil analisisnya berdasarkan data yang diperoleh
dari wawancara, solusi dari masalah dan memberikan jawaban permasalahan
tersebut yang dituangkan dalam laporan.
(Mengkomunikasikan)
2)
Siswa yang
menjadi audience menanggapi hasil kerja dari kelompok yang sedang presentasi. (Mengkomunikasikan)
e. Menganalisis
dan Mengevaluasi proses Pemecahan Masalah
1)
Dengan
bimbingan guru, siswa merefleksikan aktivitas pembelajaran yang dilakukan.
Kemudian melalui tanya jawab, guru membahas penyelesaian masalah yang
seharusnya. (Mengkomunikasikan)
|
1.
Memahami penggunaan
bahasa Indonesia dalam memperoleh pengetahuan dan informasi melalui membaca.
2.
Menggunakan keterampilan berbahasa dalam
memperoleh pengetahuan dan informasi.
|
§ Tes tertulis / Lisan
§ Unjuk kerja :
§ Melakukan diskusi dan praktik
§ Laporan tertulis Kelompok
|
6JP
|
1. Buku Tematik Kelas 2 Kurikulum 2013. Jakarta:
Depdiknas.
2. Driyarkara. 1980. Driyarkara
Tentang Kebudayaan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius
3. Harsojo. 1977. Pengantar
Antropologi III. Bandung: Binacipta
4.
Koentjaraningrat.
1990. Pengantar Ilmu Antropologo.
Jakarta: Rineka Cipta.
5. Poerwanto, Hari. 2005. Kebudayaan
Dan Lingkungan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
6. Internet
|
PPKn
2.4 Menunjukkan perilaku
bangga sebagai bangsa Indonesia.
3.2
Memahami
hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
dirumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
|
Kewajiban warga negara terhadap
kebudayaan.
|
1.
Mengetahui budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
2.
Melakukan
wawancara kepada orang-orang disekitarnya tentang kewajiban sebagai warga
dalam menghadapi perubahan
kebudayaan.
|
||||
IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan
kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis,
ekonomi, budayadan politik.
|
Perubahan Kebudayaan dalam masyarakat
|
1.
Menjelaskan
mengenai perubahan kebudayaan.
2.
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kebudayaan.
3.
Menganalisis
kegiatan atau kebiasaan manusia yang termasuk dalam modernisasi.
|
0 komentar:
Posting Komentar